Thursday, December 8, 2016

Apa Saja Jenis Bahaya Kista ?

Apa Saja Jenis Bahaya Kista ? Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa baca dibawah ini.

1. Torsi Ovarium
Torsi ovarium adalah salah satu akibat yang perlu mendapatkan tindakan intensif. Torsi ovarium adalah perputaran atau pergeseran ketika ukuran kista semakin besar dan membuat posisi ovarium bergeser. Akibat dari kondisi ini adalah aliran darah menuju ovarium bisa terhenti dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ovarium. Ovarium juga bisa mati atau tidak berfungi. Hal ini juga seperti gejala endometriosis yang mampu merusak rahim.
2. Kista Pecah
Bahaya kista yang berisi cairan seperti darah dan jenis cairan lain yang tidak mendapatkan perawatan juga bisa pecah. Akibatnya maka pecahan kista dapat menyebar ke berbagai organ terutama di sekitar perut dan sistem reproduksi. Kondisi kista pecah ditandai dengan flek bercak darah atau pendaraham pada bagian dalam yang ditandai dengan rasa sakit yag hebat. Tindakan medis segera diperlukan untuk mengatasi infeksi dan ancaman untuk jiwa.
3. Komplikasi Kehamilan
Banyak wanita yang tidak mengetahui jika dirinya memiliki kista pada ovarium, sehingga ketika wanita hamil melakukan pemeriksaan dengan manfaat USG kehamilan, maka kista baru diketahui. Kista umum biasanya memang tidak menimbulkan gejala. Jika ukuran kista kecil maka biasanya tidak mempengaruhi kehamilan dan justru bisa hilang sendiri.
Namun jika kista berukuran besar maka bisa menyebabkan sakit perut yang parah dan mengganggu ibu hamil. Operasi untuk mengeluarkan kista selama kehamilan tetap dapat terjadi dan biasanya tidak membahayakan kehamilan. Jika kista tetap berada di posisinya maka biasanya akan menjadi pengganggu kehamilan dan bisa menyebabkan keguguran.
4. Kanker Ovarium
Meskipun bahaya kista memang tidak disebutkan sebagai penyebab kanker ovarium, namun banyak kasus yang terjadi ketika banyak wanita yang tidak mengobati kista ovarium dan kemudian jaringan berubah menjadi kanker. Jenis kista ovarium yang biasanya banyak terjadi pada wanita muda tetap memiliki resiko menjadi kanker.
5. Komplikasi Penyakit
Kista juga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit komplikasi seperti gangguan usus yang menyebabkan fungsi usus menjadi tidak normal. Kegagalan fungsi kandung kemih yang terus tertekan oleh kista sehingga membuat penderita sering tidak bisa mengkontrol buang air kecil, hingga gangguan kehamilan jika terjadi kista saat mengandung.

No comments:

Post a Comment